You are currently viewing 3 Gerakan Yoga Untuk Mengecilkan Betis!
Source : Google/Pexels.com

3 Gerakan Yoga Untuk Mengecilkan Betis!

JAKARTA – Tips & trik punya betis ideal! Ikuti 3 gerakan yoga ini untuk mengecilkan betis. Pastinya kamu lebih bugar, lebih percaya diri!

Hai, para pecinta olahraga dan yoga! Kamu lagi cari cara untuk mengecilkan betis yang terlihat besar dan bikin jadi ngga percaya diri? Eitss, ngga perlu khawatir, lho! Karena yoga bisa menjadi solusi yang tepat! Di artikel ini, kita akan membahas 3 gerakan yoga yang dapat membantu kamu mengecilkan betis sesuai ukuran betis ideal menurut kamu! Yuk, kita jadikan tubuh lebih bugar dan merasa lebih percaya diri dengan yoga!

Baca Juga : Just Yoga Gading Walk, Kelas Olahraga Yoga Seru Di Kelapa Gading!

Ikutin 3 Gerakan Yoga Ini, Yuk!

1. Reverse Warrior

Source : Instagram/pinterest

Reverse Warrior adalah gerakan yang umum dilakukan dalam yoga dan melibatkan peregangan dan penguatan berbagai bagian tubuh, termasuk betis. Berikut adalah cara untuk melakukan gerakan Reverse Warrior :

  • Mulailah dengan berdiri tegak di ujung mat yoga dengan kaki lebar selebar pinggul. Putar kaki kanan ke depan dan kaki kiri ke samping, sehingga tumit kaki kiri sejajar dengan tumit kaki kanan.
  • Rentangkan lengan sejajar dengan bahu, luruskan tangan ke depan dan ke belakang. Pastikan bahu rileks dan berusaha menjaga kedua lengan sejajar dengan lantai.
  • Tekuk lutut kanan hingga sejajar dengan pergelangan kaki kanan dan pastikan lutut kanan berada di atas pergelangan kaki, bukan melebihi ujung jari kaki. Pinggul tetap menghadap ke samping.
  • Dari posisi lutut ditekuk, miringkan tubuh ke arah depan, dan luruskan tangan kanan ke atas dan tangan kiri ke bawah, sejajar dengan lantai. Pandangan tetap menghadap ke depan atau mengarah ke arah jari tangan kanan yang menghadap ke atas.
  • Rasakan peregangan di bagian samping tubuh dan betis. Bernapaslah secara dalam dan teratur sambil menahan pose ini.
  • Setelah beberapa napas, kembalilah ke posisi berdiri tegak dengan kaki lebar selebar pinggul.

Gerakan Reverse Warrior ini membantu menguatkan dan merentangkan betis, serta meningkatkan fleksibilitas di bagian paha dan panggul. Untuk mengecilkan betis atau bagian tubuh lainnya, kamu juga perlu melakukan diet sehat dan gaya hidup aktif secara keseluruhan. Juga, konsultasikan dengan instruktur yoga atau profesional kesehatan untuk mendapatkan panduan yang sesuai dengan kebutuhan kamu ya, Sobat!

2. Goddess

Source : Google/freepik.com

Goddess adalah gerakan yang dapat membantu menguatkan dan meratakan otot-otot kaki, termasuk betis. Pose ini juga membantu meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan kestabilan panggul. Berikut adalah cara untuk melakukan gerakan Goddess :

  • Berdiri tegak di ujung mat yoga dengan kaki selebar melebar dari pinggul, dengan jari-jari kaki mengarah keluar dan tumit kaki masuk.
  • Tekuk lutut hingga sejajar dengan pergelangan kaki, bukan melebihi ujung jari kaki. Pastikan lutut tetap sejajar dengan pergelangan kaki selama gerakan.
  • Rentangkan punggung dan angkat dada dengan lembut. Pastikan bahu rileks dan jangan menguncikan sendi-sendi tubuh.
  • Tempatkan tangan di depan dada dengan siku ditekuk, seperti mengayunkan pelan-pelan.
  • Perlahan-lahan turunkan tubuh menuju posisi setinggi yang nyaman tanpa membebani lutut.
  • Saat berada di posisi akhir, pastikan berat badan terdistribusi merata di kedua kaki, dan lutut masih sejajar dengan pergelangan kaki. Kedua kaki menghadap ke samping dengan jari-jari kaki masih mengarah keluar.
  • Rasakan peregangan di paha dan merasa kaki kuat. Bernapaslah dengan perlahan dan teratur selama beberapa napas.
  • Angkat tubuh perlahan-lahan kembali ke posisi berdiri tegak dengan kaki selebar pinggul.

Pose Goddess dapat dilakukan dalam waktu yang lama atau sebagai bagian dari rangkaian gerakan yoga untuk menguatkan dan meratakan otot-otot kaki, termasuk betis. Selain manfaat fisik, pose ini juga dapat membantu meningkatkan kesadaran tubuh, menenangkan pikiran, dan membantu mengurangi stress, lho!

3. Bridge

Source : Google/iStock.com

Bridge adalah gerakan yang dapat membantu menguatkan betis dan otot-otot kaki lainnya, serta membuka dan merenggangkan bagian dada, bahu, dan leher. Berikut adalah cara untuk melakukan gerakan Bridge :

  • Berbaringlah telentang di mat yoga dengan kedua lutut ditekuk dan kaki rapat pada lebar panggul. Pastikan telapak kaki menempel pada mat.
  • Letakkan lengan di sisi tubuh dengan telapak tangan menghadap ke bawah.
  • Tekan telapak kaki kuat-kuat ke mat dan angkat panggul Anda ke atas menuju langit-langit. Rasakan peregangan di perut dan paha bagian depan saat panggul naik.
  • Biarkan bahu dan lengan tetap rileks di mat dan rasakan peregangan di bagian dada saat Anda membentuk lengkungan dengan tubuh Anda.
  • Bahu dan punggung harus tetap rata di mat tanpa membungkuk ke depan atau ke belakang.
  • Jaga pose ini selama beberapa napas, bernapaslah secara dalam dan teratur sambil tetap menjaga panggul dan betis tetap kuat.
  • Perlahan-lahan turunkan panggul kembali ke mat secara perlahan-lahan.

Baca Juga : 8 Gerakan Yoga Sebelum Tidur Untuk Membantu Kamu Terlelap Dengan Nyaman

Bridge Pose tidak hanya membantu menguatkan betis dan otot-otot kaki, tetapi juga dapat membantu merenggangkan otot-otot paha dan mengurangi ketegangan di bagian bawah punggung. Selain itu, gerakan ini dapat membuka dada dan melibatkan otot-otot inti, sehingga menjadi latihan yang lengkap untuk tubuh bagian atas dan bawah. Kalau kamu memiliki masalah kesehatan yang mendasari atau cedera, selalu konsultasikan dengan instruktur yoga atau profesional kesehatan sebelum melakukan gerakan yoga tertentu ya!

Jadi, untuk kamu yang ingin mengecilkan betis dan mendapatkan hasil yang ideal dengan cara yang menyenangkan dan santai, 3 gerakan yoga di atas adalah pilihan yang tepat. Jangan lupa untuk konsisten dalam berlatih dan nikmati perubahan positif pada tubuh kamu ya, Sobat! Selamat berlatih yoga dan rasakan manfaatnya untuk dirimu sendiri!

Leave a Reply