You are currently viewing 5 Cara Melakukan Teknik Renang Gaya Punggung Untuk Pemula

5 Cara Melakukan Teknik Renang Gaya Punggung Untuk Pemula

JAKARTA –  Siapa yang suka bermain air tapi gak bisa berenang?? Nah, daripada cuma liatin doang, mending kamu juga belajar teknik-teknik berenang dari gaya punggung. Yuk simak beberapa tekniknya!

Renang gaya punggung mungkin terdengar fancy, tapi percayalah, ini adalah gaya renang yang santai dan menyenangkan, terutama bagi pemula yang ingin mengeksplorasi keindahan dunia air. Jadi, siapkan handuk, kacamata renang, dan semangat untuk merendamkan diri dalam petualangan renang gaya punggung yang menyenangkan!

1. Posisi Badan saat Renang Gaya Punggung

Ok, mari mulai dari dasar-dasarnya: posisi badan. Ini sebenarnya seperti momen “let it go” dalam renang. Pastikan tubuhmu terapung, seperti kapal di atas air. Jangan biarkan bahu atau pinggulmu terlalu dalam atau terlalu tinggi. Jika kamu merasa seperti model kapal selam, mungkin kamu perlu menyesuaikan posisi badanmu. Ingat, tubuh yang rileks membuatmu lebih mudah bergerak di dalam air.

Renang Gaya Punggung
Sumber Gambar: kompas.com

2.Posisi Kepala

Nah, sekarang coba bayangkan kamu lagi rebahan di atas kasur empuk. Itulah posisi kepala yang kamu butuhkan dalam renang gaya punggung. Tengadahkan kepalamu sedikit agar air tidak masuk ke dalam mulut, tapi jangan terlalu tegak juga. Pandanganmu akan berputar antara langit-langit kolam dan bintang-bintang di atas sana. Jadi, jika ada pesawat lalu-lalang, kamu sudah siap untuk melihatnya!

3. Posisi Lengan

Bukan, kamu tidak perlu memiliki lengan seperti Michael Phelps untuk renang gaya punggung yang santai. Pertama, satu lengan mengayuh ke belakang seperti orang yang sedang melambaikan “hai” pada ikan-ikan. Ketika satu lenganmu sudah siap di atas air, gantilah dengan lengan yang lain. Ini seperti memberi tanda pada air, “Ayo, aku mau bergerak!”

Renang Gaya Punggung
Sumber Gambar: kompas.com

4. Posisi Kaki

Mungkin ini saatnya untuk mengingat kembali momen bermain sepeda waktu kecil. Kaki-kakimu perlu bekerja sama seperti roda sepeda yang berputar. Ayunkan kaki kanan ke atas, dan saat kaki kanan di bawah, kaki kiri sudah siap untuk beraksi. Jangan terlalu terburu-buru, biarkan air mengalir di antara jari-jarimu. Ini seperti tari alami dengan air, lho!

5. Teknik Pernapasan saat Renang Gaya Punggung

Ingat, kamu tidak perlu menjadi ahli snorkeling untuk bernapas saat berenang gaya punggung. Pernapasanmu akan berjalan dengan santai karena wajahmu tetap di atas air. Ketika kepalamu muncul dari air, ambillah napas seperti saat kamu menikmati udara segar di atas permukaan. Terkadang, renang gaya punggung adalah waktu yang baik untuk membiarkan pikiran melayang jauh.

Renang Gaya Punggung
Sumber Gambar: kompas.com

Tidak Perlu Takut!

Santai, bukan? Renang gaya punggung ini ibarat berbaring di atas rakit pribadi sambil menikmati matahari dan hembusan angin. Ini adalah gaya renang yang menawarkan kebebasan untuk berenang tanpa perlu terlalu banyak berputar dan berbelok.

Kamu bisa mengambil napas dengan santai sambil menikmati pemandangan di sekitarmu. Bahkan, kamu bisa berbicara dengan teman-teman di kolam renang tanpa perlu khawatir wajahmu terendam air.

Satu hal yang paling penting adalah berlatih. Seperti yang dibilang orang, “Practice makes perfect!” atau dalam kasus ini, “Practice makes you a better floater!” Cobalah teknik-teknik ini di kolam renang dan jangan merasa terburu-buru. Pada awalnya, mungkin kamu akan merasa sedikit kaku, tapi seiring waktu, gerakan ini akan menjadi lebih alami dan nyaman.

Baca juga: 5 Teknik Dasar Untuk Bisa Mengapung Dalam Renang!

Oh, dan jangan ragu untuk menambahkan sedikit gaya pribadimu. Ini bukan lomba renang Olimpiade, jadi jika kamu ingin menambahkan gerakan kecil yang membuatmu merasa lebih baik, lakukan saja. Renang gaya punggung bisa menjadi perpaduan antara petualangan air dan momen relaksasi yang kamu cari.

Jadi, siap untuk merasakan sensasi renang gaya punggung yang santai? Ingatlah, ini bukan tentang menjadi juara renang internasional, tapi tentang menikmati setiap gerakan dalam air. Berenang gaya punggung adalah tentang merasakan kenyamanan dan kebebasan di dalam air, seperti ketika kita sedang tiduran di atas hamparan rumput yang hijau. 

Jadi, santai saja, biarkan air membawamu, dan nikmati setiap momen dalam petualangan renangmu yang santai! Nah, buat kamu yang mau belajar berenang kamu bisa mengunjungi Kolam Renang Tirta Kirana Al-Azhar Kelapa Gading, Kolam Renang Gading Arcadia, The Club Gading Mas dan masih banyak lagi.

Leave a Reply