You are currently viewing 5 Gerakan Yoga Untuk Mengecilkan Paha

5 Gerakan Yoga Untuk Mengecilkan Paha

JAKARTA – 5 gerakan yoga ini bisa membuat pahamu kecil, lho! Yuk, coba beberapa gerakan yoga untuk membuatmu lebih percaya diri!

Yoga bukan hanya olahraga yang menyegarkan pikiran dan merelaksasi tubuh, tetapi juga bisa menjadi alat yang efektif untuk membantu mengencangkan dan mengecilkan bagian tubuh tertentu, termasuk paha dan betis. Jika kamu ingin mengecilkan paha dan mendapatkan bentuk tubuh yang lebih ramping, berikut adalah 5 gerakan yoga yang dapat membantu kamu mencapainya:

1. Chair Pose (Utkatasana)

Chair pose adalah gerakan yoga yang menguatkan otot paha, punggung, dan bokong. Untuk melakukan gerakan ini, berdiri tegak dengan kaki rapat. Tarik napas dalam-dalam saat mengangkat kedua tangan di atas kepala dengan telapak tangan menghadap satu sama lain. Kemudian, tekuk lutut dan turunkan tubuh seperti berjongkok, seolah-olah duduk di kursi. Pastikan untuk menjaga lutut berada di atas mata kaki dan punggung tetap lurus. Tahan posisi ini selama beberapa napas, lalu perlahan-lahan bangkit kembali ke posisi berdiri. Ulangi gerakan ini beberapa kali untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

Sumber Gambar: yogajournal.com

2. Warrior Pose II (Virabhadrasana II)

Warrior pose II merupakan gerakan yoga yang mengencangkan otot paha, betis, dan perut. Untuk melakukan gerakan ini, berdiri dengan kaki selebar bahu dan lakukan langkah besar ke depan dengan satu kaki. Kemudian, tekuk lutut hingga membentuk sudut 90 derajat, pastikan lutut berada di atas mata kaki. Luruskan lengan sejajar dengan bahu, satu tangan menghadap ke depan dan satu tangan menghadap ke belakang. Pastikan punggung tetap lurus dan tahan posisi ini selama beberapa napas. Ulangi gerakan ini dengan mengganti kaki depan untuk memperkuat kedua sisi tubuh.

Sumber Gambar: yogajournal.com

3. Cobbler Pose (Baddha Konasana)

Cobbler pose adalah gerakan yoga yang membuka dan mengencangkan pangkal paha dan daerah panggul. Duduk dengan tegak dan bawa kedua kaki menempel dengan tumit berdekatan. Tarik kedua kaki mendekat ke arah tubuh dan biarkan lutut mengarah ke samping. Pegang kaki dengan kedua tangan dan tahan posisi ini selama beberapa napas. Perlahan-lahan lebarkan lutut ke arah lantai untuk merasakan gerakan lebih dalam. Cobler pose juga membantu membuka dan merilekskan pinggul, sehingga dapat membantu mengurangi ketegangan pada paha.

Sumber Gambar: yogajournal.com

4. Grasshopper Pose (Supta Virasana)

Grasshopper pose adalah gerakan yoga yang membantu mengencangkan paha, betis, dan panggul. Untuk melakukan gerakan ini, mulailah dengan duduk di atas lutut dengan panggul di antara tumit. Kemudian, bawa kedua lutut ke lantai dan kemudian turunkan diri ke belakang, meletakkan punggung di lantai. Gerakan ini dapat menantang, jadi pastikan untuk perlahan-lahan mendekatkan tubuh ke lantai dan tidak memaksakan gerakan. Jika perlu, gunakan bantal atau bantuan lainnya untuk mendukung tubuh saat melakukan gerakan ini.

Sumber Gambar: yogajournal

5. Boat Pose (Navasana)

Boat pose adalah gerakan yoga yang menguatkan otot perut, paha, dan pinggul. Untuk melakukan gerakan ini, duduk dengan tegak dan angkat kedua kaki dari lantai sehingga membentuk sudut 45 derajat dengan tubuh. Kemudian, angkat kedua tangan sejajar dengan lantai. Tahan posisi ini dengan menjaga punggung lurus dan perut terbuka. Jika kamu merasa kuat, coba perlahan-lahan luruskan kedua kaki sehingga membentuk sudut 90 derajat dengan tubuh. Tahan posisi ini selama beberapa napas, lalu lepaskan secara perlahan-lahan.

Sumber Gambar: yogajournal

Baca juga: Transformasi Tubuh Ala Selebriti Bersama Celebrity Fitness di Kelapa Gading

Ingat, untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari gerakan yoga ini, lakukan secara konsisten dan perlahan-lahan. Jangan terburu-buru dan selalu dengarkan tubuhmu. Jika kamu mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan saat melakukan gerakan, hentikan dan konsultasikan dengan instruktur yoga atau ahli kesehatan.

Selain melakukan gerakan yoga, perlu diingat juga bahwa olahraga secara keseluruhan dan pola makan yang sehat juga sangat penting untuk mencapai tujuan mengecilkan paha dan mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan. Jadi, jangan lupa untuk berkomitmen pada gaya hidup sehat dan aktif secara keseluruhan. Semoga gerakan yoga ini membantu kamu mencapai tujuan kesehatan dan kebugaranmu. Selamat berlatih dan selamat menikmati manfaat menyehatkan dari yoga!

Ikuti Kelas Yoga di Kelapa Gading

Nah, untuk kamu yang takut gagal, kamu bisa melakukan yoga ini secara rutin di Just Yoga Gading Walk Kelapa Gading. Di sini, kamu bisa mengikuti kelas yoga mulai dari pukul 07:00 – 21:00 untuk hari Senin-Sabtu dan pukul 07:00 – 19:00 untuk hari Minggu. Kamu juga bisa berkonsultasi,lho! Kamu juga bisa mengikuti kelas yoga di Yoga Fit yang berlokasi di Jl. Bulevard Artha Gading Blok A6A No 9-10. Jadi, tunggu apalagi? Yuk olahraga agar tubuhmu tetap bugar dan fit!

Leave a Reply